Pengguna WordPress terus bertambah setiap tahun karena WordPress mudah digunakan. Selain itu, kita dapat mengatakan bahwa seperempat situs di dunia dibuat menggunakan WordPress. Meskipun WordPress sangat praktis untuk digunakan, Anda harus berhati-hati ketika membuat situs dengan optimasi SEO (search engine optimization) yang kuat.

Jika Anda hanya menginstal WordPress, Anda juga perlu melakukan penyesuaian atau membuat optimasi SEO WordPress yang kuat. Dengan kata lain, Anda juga perlu mempertimbangkan hal lain, seperti menyiapkan SEO.

Jika kesepakatan tidak tercapai, akan sulit untuk menarik pengunjung ke situs melalui mesin pencari (search engine), meskipun ada upaya untuk membuat situs. Langkah-langkah yang diperlukan dalam SEO dapat diterapkan ke WordPress berdasarkan tema dan plugin. Setelah mengambil tindakan, karena layanan tidak lagi diperlukan, pastikan bahwa situs web yang dibuat menggunakan WordPress terhubung ke SEO menggunakan langkah-langkah berikut.

Pada kesempatan ini, kami bagikan Poin-poin penting dalam optimalkan SEO WordPress yang bisa Anda perhatikan. Tapi jika masih kurang paham, Anda bisa kursus seo dari sekarang.

Poin-poin penting dalam optimalkan SEO WordPress

  1. Pisahkan kategori dengan tepat

Dengan mengklasifikasikan konten situs web Anda dengan benar, pengunjung tidak hanya dapat memahaminya, tetapi juga membuat situs web yang dapat dipahami oleh mesin pencari. Poin dalam kategorisasi adalah melakukan ini dengan struktur hierarkis. Jika Anda membuat kategori secara paralel dan terlalu banyak angka, akan sulit dipahami saat ditampilkan.

Selain itu, jika Anda menetapkan satu kategori sekali, selalu ada kemungkinan bahwa kategori akan bertambah atau berkurang. Penting untuk mengatur ulang kategori dan meningkatkan kategori konten yang diterbitkan sebelumnya.

  1. Pemilihan Tema SEO Optimal

Terlepas dari kenyataan bahwa ada banyak opsi untuk memilih tema di WordPress, urutan peringkat dalam pencarian akan bergantung pada mereka yang memiliki SEO optimal dan mana yang tidak. Dalam merencanakan SEO berdasarkan tema WordPress, widget sangat penting, yang merangsang migrasi ke situs dan konten artikel, yang tidak hanya memengaruhi peringkat hasil pencarian, tetapi juga meningkatkan jumlah kunjungan halaman di setiap sesi. Desain dan fungsionalitas juga penting, tetapi lebih mudah bagi orang-orang yang memilih perencanaan SEO WordPress berdasarkan topik untuk berada di puncak hasil peringkat mesin pencari.

  1. Buat XML Sitemap

XML Sitemap adalah informasi yang memungkinkan mesin pencari menemukan halaman penting di situs dengan benar. Ini tidak secara langsung mempengaruhi peringkat pencarian, tetapi penting untuk mendapatkan halaman terakhir dan pengindeksan halaman yang tepat. Sitemap disederhanakan menggunakan plugin All-in-One. Setelah membuat sitemap Anda, ingatlah untuk mendaftarkan sitemap Anda di konsol pencarian.

  1. Tingkatkan konten

Salah satu hal terpenting dalam SEO, terutama WordPress SEO adalah kekayaan konten. Mesin pencari memberi peringkat pada setiap situs web, dan situs web yang menerbitkan banyak konten berkualitas akan lebih mudah ditampilkan pada daftar teratas mesin pencari. Selain itu, Anda harus mengelola tema yang sesuai untuk situs web.

Misalnya, untuk situs web yang memfokuskan dan menerbitkan sejumlah besar konten pada desain situs web, peringkat situs web yang terkait dengan desain situs web tinggi, dan jika konten terkait dengan desain situs web akan dengan mudah muncul dalam daftar teratas di mesin pencari. Jadi, selain konten berkualitas tinggi, hindari menambahkan konten dengan tema yang berbeda, dan penting untuk menambahkan konten dengan tema tertentu.

  1. Tampilkan artikel populer dan artikel yang terkait

Artikel populer dan artikel terkait tidak hanya konten yang sangat diperlukan untuk blog dan media, tetapi juga berperan dalam SEO. Dengan memperkenalkan artikel yang direkomendasikan dan terkait dengan konten yang dibutuhkan pembaca, akan dimungkinkan untuk meningkatkan tingkat migrasi, mengurangi tingkat pentalan, meningkatkan durasi kunjungan ke situs web dan, sebagai hasilnya menyederhanakan tampilan situs web di daftar teratas peringkat pencarian.

  1. Buat Breadcrumb

Breadcrumb adalah widget yang menunjukkan posisi halaman situs yang ditampilkan di bagian atas halaman. Tahukah Anda bahwa mesin pencari juga bisa mendapatkan informasi Breadcrumb ketika pengguna memahami struktur situs mereka? Di Google, Breadcrumb berperan dalam menjelaskan kategori yang muncul di bawah judul dan hasil pencarian, serta dalam posisi halaman di situs web untuk mesin pencari. Pada dasarnya, Breadcrumb akan ditampilkan berdasarkan topik, tetapi jika tidak maka Anda dapat dengan mudah menggunakan plugin Breadcrumb.

  1. Menggunakan artikel populer, atau Jetpack untuk melihat artikel terkait

Khusus untuk artikel terkait, Jetpack lebih akurat daripada plugin lain, dan untuk menampilkan artikel yang terkait dengan tingkat relevansi tinggi, Anda cenderung mendapatkan rasio klik tayang tinggi. Dengan mengoptimalkan topik SEO, Anda dapat menampilkan artikel populer dan artikel yang berkorelasi secara default, dan Anda dapat melakukan koreksi tanpa masalah.

  1. Tingkatkan kecepatan pemrosesan halaman.

Kecepatan memuat halaman juga sangat berpengaruh pada SEO. Di situs web dengan kecepatan pemuatan halaman tinggi, pengguna yang mengaksesnya tidak bisa menunggu waktu pengunduhan, dimatikan sebelum pengunduhan selesai dan memengaruhi tingkat pentalan dan waktu kunjungan.

Karena ini akan memengaruhi tingkat pentalan Anda, sangat penting bahwa halaman memuat dengan cepat. Karena WordPress menampilkan dan menghasilkan konten secara dinamis, sangat efektif untuk menambahkan plugin tipe cache untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman.

  1. Sertakan tautan ke situs

Tautan di suatu situs (intra-site link) adalah tautan dari satu konten ke konten lainnya di situs yang sama. Dengan mengeklik tautan di situs, Anda tidak hanya dapat menyajikan konten penting kepada pengunjung, tetapi juga meminimalkan rasio pentalan (rasio pentalan adalah klien yang melompat untuk berpindah dari satu situs web ke situs web lainnya dengan waktu kunjungan singkat), Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang istimewa. Jadi yang harus Anda lakukan adalah memposting tautan ke konten yang sangat relevan.

Categories

Recent Posts

Meta